Langsung ke konten utama

Aluminium Composite Panel (ACP) di Banda Aceh


Saat hendak mendirikan sebuah bangunan entah itu rumah, toko maupun gedung, tentu anda menginginkan sebuah bangunan yang kokoh agar bisa bertahan cukup lama. Terlebih lagi saat ini semua orang mengedepankan modernitas dari segi apapun termasuk suatu bangunan. Tak heran banyak orang rela mengeluarkan dana yang sangat banyak hingga mencapai miliyaran rupiah utnuk menghasilkan suatu bangunan yang sesuai keinginan pasar saat ini. Untuk lebih jelasnya berikut akan dibahas secara lengkap mengenai bahan bangunan yang sedang cukup populer Aluminium Composite Panel.


[metaslider id=7874]

Pengertian dan kegunaan Aluminium composite panel

Untuk definisi dari Aluminium Composite Panel yang lebih mendetail, Aluminium Composite Panel merupakan bahan yang dibuat dari campuran bahan material dan digunakan sebagai rekayasa dari bahan alami. Aluminium composite panel memiliki sifat dan daya tahan yang kuat terhadap air dari berbagai macam cuaca, oleh karena itu Alumiium composite panel banyak digunakan sebagai pelapis dinding dari suatu bangunan baik di indoor maupun outdoor.

Selain itu aplikasi pada dinding aluminium composite panel dapat digunakan dalam berbagai macam cara salah satunnya sebagai perangkat interior dan exterior. Karena sifatnya yang kuat dan tahan terhadap segala cuaca, Aluminium Composite Panel banyak diaplikasikan pada dunia arsitektur. Hal ini disebabkan selain karena sifat dari Aluminium Composite Panel, juga tampilan yang dihasilakan dari material ini memiliki nilai estetika yang tinggi.

Sedangkan untuk bagian interior rumah, Aluminium Composite Panel biasa digunakan untuk menutup kolom, untuk partisi dan juga untuk bagian plafon yang memiliki nilai artistic. Aluminium Composite Panel sering digunakan di SPBU, dealer otomotif, ruko, papan iklan, billboards, interior maupun eksterior bangunan baru dan lama, gedung-gedung bertingkat tinggi (high rise building), kamar mandi dan lain-lain.

Jenis dan merk Aluminium composite panel

Aluminium Composite Panel sendiri terdiri dari 2 jenis menurut lapisan catnya. Jenis pertama Aluminium Composite Panel jenis PE (Polister) yang biasa digunakan untuk bagian interior bangunan.

Lembar aluminium dilapisi dengan cat PVDF atau polyester. Jenis Aluminium composite panel menurut catnya terdiri dari 2 macam jenis yaitu polyester (PE) yang biasanya banyak digunakan untuk interior, satunya yaitu (poly vinyl de fluoride) PVDF biasanya digunakan di eksterior, karena jenis ini tahan dari segala macam cuaca, sehingga lapisan warna dapat bertahan lebih lama dibandingan dengan jenis polyester.

Jenis yang kedua dari Aluminium Composite Panel ini adalah PVDF (Polyvinylidene DiFluoride). Ketebalan dari Coating memang sedikit lebih tebal dari PE yaitu 0.3mm hingga 0.5mm. Untuk ketebalan material hampir sama dengan PE yaitu 0.3mm hingga 0.5mm. Untuk jenis yang satu ini memang lebih variatif. Aluminium Composite Panel ini juga memiiki kualitas yang lebih kuat dan lebih tahan lama untuk digunakan. Sangat cocok untuk eksterior.|Jenis Aluminium Composite Panel PVDF (Poly Vinyl De Flouride) yang biasa digunakan di bagian eksterior bangunan. Jenis ini tahan segala cuaca ekstrim sehingga lapisan warna bisa bertahan lebih lama jika dibandingkan dengan jenis polister.Karena sifatnya yang kuat dan tahan cuaca, Aluminium Composite Panel sering digunakan di gedung-gedung besar untuk interiormaupun eksterior bangunan agar terlihat lebih menawan dan terkesan lebih mewah.

Merek bahan pelapis ini yang banyak beredar di pasaran yaitu; Aluminium Composite Panel merek Alucopan, Aluminium Composite Panel merek Alcopala, Aluminium Composite Panel merek Alcotex, Aluminium Composite Panel merek Alpolic, Aluminium Composite Panel merek Seven, Aluminium Composite Panel merek Ecopan, dan Aluminium Composite Panel merek Alucobond. Mirror Finish ACP adalah jenis ACP yang pada salah satu sisinya dikombinasi dengan cermin. Jenis ini biasanya digunakan pada interior dapur. Sedangkan, Brush Finish ACP adalah jenis ACP yang pada sisi depannya mengaplikasikan dengan teksture sikat dan pada sisi belakangnya dilapisi cat anti-karat.

Cara memasang Aluminium Composite Panel

Ada beberapa tips dan cara yang bisa anda terapkan dalam pemasangan Aluminium Composite Panel ini. Dan harus didampingi oleh seoarang yang ahli dalam bidangnya. Pertama-tama anda harus melakukan pengukuran di area yang akan dipasangi Aluminium Composite Panel dengan teliti.

Untuk cara memasang Aluminium composite panel dan mendapatkan hasil yang memuaskan, usahakan melakukan proses marking dengan saksama dan teliti.

Pastikan pula Aluminium composite panel yang kita pasang sesuai dengan spesifikasi ruangan. Misalnya untuk area luar ruangan yang terkena hujan dan panas secara lansgung, alangkah lebih baiknya menggunakan Aluminium composite panel dengan jenis PVDF. Jika anda ingin mendapatkan hasil pemasangan Aluminium Composite Panel yang maksimal maka kini banyak tersedia jasa pemasangan Aluminium Composite Panel yang sudah profesional. Bahkan kini jasa pemasangan Aluminium Composite Panel ini sudah bisa dipesan melalui cara online via internet. Dengan kecanggihan teknologi ini maka anda bisa membandingkan harga antara satu tempat dengan tempat lain.

Harga Aluminium Composite Panel Perlembar/M2

Untuk harga, Aluminium Composite Panel dibanderol dengan harga yang bervariasi sesuai dengan ukuran, jenis dan juga produsen dari Aluminium Composite Panel ini. Berikut ini beberapa contoh dari harga Aluminium Composite Panel yang ada di pasaran. Untuk harga Aluminium composite panel terbaru 2016 tidak mengalami kenaikan harga kecuali bahan yang spesial.

Harga ini tentu sangat berbeda tergantung juga dari jenis, merk dan juga ketebalan dari ACP yang anda pilih. Untuk harga yang lebih terjangkau, anda bisa memilih ACP dengan jenis Polyester yang dibandrol dengan kisaran harga Rp 180.000. Harga akan berbeda dengan merk yang berbeda juga.

Aluminium Composite Panel merek Alucobond buatan Negara Jerman ukuran 1,25 x 4,50 dengan ketebalan 0,30 mm tipe ECO/PVDF dibanderol dengan harga USD 47,50, Aluminium Composite Panel ukuran tipe ECO/PVDF 1,25 m x 4,88 m dengan ketebalan 0,30 mm dibanderol dengan harga USD 47,50, ukuran 1,25 x 4,88 dengan ketebalan 0,30 mm dibanderol dengan harga USD 47,50 dan untuk ukuran 1,25 m x 5,00 m ketebalan 0.30 mm dibanderol dengan haraga USD 47,50.

Penyedia / Jual Aluminium Composite Panel di Banda Aceh

Kami merupakan penyedia composite panel dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau. Kami menyediakan berbagai merk aluminium composite panel lengkap dengan harga terjangkau yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Untuk pemasangannya sendiri, kami memiliki berbagai pilihan harga. Dengan harga terjangkau seperti itu, Anda sudah memperoleh aluminium composite panel dengan kualitas terbaik, elegan, mewah, dan mudah dibersihkan. Untuk harga memang juga bisa berpengaruh dari tempat anda mendapatkan ACP tersebut. Dengan memilih penyedia atau penjual ACP yang tepat tentunya akan membuat anda mendapatkan ACP yang paling tepat juga. Dengan memilih ACP yang terbaik pastinya akan membuat anda semakin mendapatkan ACP yang terbaik dengan harga yang terjangkau dan tentunya dengan kualitas yang terbaik.

Keunggulan dan Kekurangan Aluminium Composite Panel

Keunggulan Aluminium composite panel yaitu dengan beratnya yang ringan tetapi memiliki kekuatan yang lebih tinggi, tahan karat dan memiliki biaya perakitan yang lebih murah, karena berkurangnya jumlah komponen yang tidak memerlukan baut untuk penyambung.

Aluminium composite panel juga banyak digunakan dalam industry furniture untuk penampilan agar lebih elegan. Aluminium ini juga secara luas digunakan dalam industri signage sebagai bahan alternatif menggantikan bahan substrat yang lebih berat dan mahal. Aluminium composite panel mampu memberikan nilai tambah pada bangunan atau gedung.

Aluminium composite panel memiliki berat yang ringan. Selain itu pemotongan, pemangkasan, pengeboran dan proses lainnya dapat dilakukan dengan mudah dan hanya menggunakan alat yang sederhana.

Sedangkan kekurangan dari Aluminium Composite Panel ini yaitu; nad yang dihasilkan dari pemasangan Aluminium Composite Panel tidak bisa dihilangkan sehingga perlu memperhatikan ekspresi fasad, pemasangan facade untuk Aluminium Composite Panel relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan material fasad untuk material tipe lain seperti panel GRC dan plester Aci.

Jika sistem grounding kurang bagus terhadap bangunan utama, maka lembaran cukup beresiko terhadap sambaran petir. Demikian review mengenai Aluminium Composite Panel, material bangunan yang kini banyak digunakan di dunia arsitektur.